Survei Capres dari Tokoh Anti Korupsi, Novel Baswedan Tertinggi, Febri Diansyah Ketiga, Abraham Samad Kelima

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Joko Widodo akan mengakhiri masa baktinya sebagai Presiden RI pada tahun 2024 mendatang. Memang masih tiga tahun lagi, namun figur-figur potensial mulai digaungkan sejak dini.

Lembaga Survei KedaiKOPI merilis tokoh calon pemimpin Indonesia 2024 dari beragam kategori dan latar belakang. Salah satunya kategori tokoh anti korupsi.

Sederet nama didominasi oleh mereka yang berkecimpung di KPK seperti Novel Baswedan menempati urutan pertama dengan elektabilitas 27,1 persen, disusul Bambang Widjodjanto 11,3 persen, Febri Diansyah 9,4 persen, Firli Bahuri 8,8 persen, dan Abraham Samad dengan nilai 5,5 persen.

“Hanya Sudirman Said yang tidak pernah berkecimpung di KPK yang mencuat di kategori tokoh anti korupsi dengan angka 9 persen,” cetus Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dilansir dari kanal YouTube Survei KedaiKOPI, Selasa (13/4/2021).

KedaiKOPI juga menanyakan kepada responden mengenai tokoh yang memiliki latar belakang ekonom. Sosok tersebut diharapkan mampu mengembalikan kestabilan ekonomi dan menjadi Presiden RI 2024 mendatang.

Mencuat nama Mantan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mendapatkan angka tertinggi 18,3 persen. Kemudian Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri 18,2 persen, Mantan Menko Maritim Rizal Ramli 17,1 persen, Gubernur BI saat ini, Perry Warjiyo dengan perolehan 8,0 persen dan Rhenald Khasali 7,8 persen.

Meski banyaknya nama tokoh non-parpol yang muncul dari masyarakat, tidak bisa dipungkiri peran parpol masih begitu besar sebagai penggerak utama dari sistem politik itu sendiri.

  • Bagikan