Evaluasi Medis, Danrem 143/HO Siap Bantu Rujuk Afiq Raanan ke RSPAD

  • Bagikan

“Alhamudlillah, Bapak Kasad berkenan untuk membantu Apiq dan memfasilitasi pengobatan dan operasi di RSPAD,”ujarnya.

Terkait dengan kondisi Apiq, Rusmin sampaikan bahwa dalam rapat evaluasi yang dipimpin Danrem tersebut dapat disimpulkan Apiq saat ini dalam kondisi yang optimal dan siap untuk dievakuasi.

“Secara medis, saat ini Apiq dalam kondisi optimal untuk dievakuasi. Namun sebagaimana prosedur dilingkungan TNI AD, akan dilaporkan lebih dahulu ke komando atas,”ujar Rusmin.

“Apa yang dilakukan hingga saat ini, tidak saja wujud empati dan peduli sebagaimana tekad prajurit Kodam XIV/Hsn, yaitu Aku Sahabat Rakyat, tapi juga komitemen pucuk pimpinan dalam hal ini Kasad (Jenderal TNI Andika Perkasa) dan Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Moch Syafei K untuk membantu rakyat,”tegasnya.

Ditempat yang sama, saat memaparkan hasil evaluasi medis Afiq, dr Denny selaku Tim Dokter yang menangani Afiq meyampaikan bahwa telah terjadi progres kondisi kesehatan umum yang positif.

“Dari hasil pemeriksaan, Afiq mengalami Down Syndrom, Tetralogy Of Fallot dan juga bronkophenomia serta terdapat cairan dalam pelapis paru bagian kanan. Ini cukup komplek dan perlu penanganan yang serius,” urainya.

“Saat ini, Afiq dirawat dan diobservasi oleh Tim Dokter. Alhamdulillah saat ini mulai membaik dan dalam kondisi yang optimal,”tambah dr. Denny.

Lebih lanjut Denny sampaikan bahwa dalam rangka evakuasi, pihaknya telah menyiapkan dokter pendamping dengan obat dan sarana yang diperlukan.

“Termasuk kita juga telah koordinasikan dengan pihak RSPAD untuk rencana evakuasinya,”tambahnya.

  • Bagikan