Kabar Terbaru Pencarian KRI Nanggala 402, Mayjen Achmad Riad: Sudah Mulai Terdeteksi

Jumat, 23 April 2021 22:31

Kapal-Selam-KRI-Nanggala-402

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BALI – Lokasi KRI Nanggala sudah terdeteksi dan diperkirakan tenggelam di dekat Celukan Bawang, di perairan Bali utara.

Salah satu indikasinya adalah temuan tumpahan minyak dan daya magnet yang cukup besar.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Mayor Jenderal TNI Achmad Riad di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (23/4/2021).

“Itu sudah mulai terdeteksi di daerah tersebut sehingga sekarang sedang dilaksanakan terus pemantauan di wilayah tersebut dengan memanfaatkan semua peralatan yang ada,” ungkap Achmad Riad.

Karena itu, pencarian tengah difokuskan di perairan sekitar 40 kilometer dari utara celukan Bawang.

“Kalau ditarik garis, jaraknya dari Celukan Bawang itu kurang lebih sekitar 23 nautical mile (mil laut), atau kurang lebih 40 kilometer di utara Celukan Bawang,” jelasnya.

Akan tetapi, pihaknya menegaskan bahwa lokasi pasti KRI Nanggala 402 masih belum ditemukan.

“Akan tetapi, di beberapa titik-titik ini mudah-mudahan dengan berbagai peralatan yang ada bisa segera ditemukan atau dijejaki itu adalah posisi KRI Nanggala-402,” tegasnya.

21 Kapal Dikerahkan

Achmad Riad menyatakan, upaya pencarian KRI Nanggala 402 dilakukan dengan sangat optimal dan kini total sudah 21 kapal dikerahkan ditambah bantuan dari negara-negara sahabat.

Hal itu dikarenakan ketahanan oksigen dalam KRI Nanggala saat kondisi blackout bisa bertahan sampai dengan 72 jam.

Komentar

VIDEO TERKINI