Pemerintah Pusat Minta Kepala Daerah Dukung Percepatan Program Vaksinasi

Senin, 26 April 2021 21:39

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran mengikuti peringatan hari Otonomi Daerah secara virtual di media Center Pemkot Kendari yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Senin (26/4/2021).

Wakil presiden Ma’ruf Amin meminta para kepala daerah menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Daerahnya dan ia juga meminta para kepala daerah sebagai contoh dan pelopor inovasi pelayanan publik yang lebih baik.

“Saya minta seluruh jajaran Pemda sebagai ujung tombak pemerintahan, agar selalu menjadi contoh dan pelopor baik dalam berinovasi untuk meningkatkan pelayanan publik maupun menerapkan protokol kesehatan, serta menyukseskan program vaksinasi,”ujarnya dalam rilisnya diterima sultra.fajar.co.id, Senin (26/4/2021).

Lanjutnya, selain itu dalam menjalankan pemerintahan terkait undang-undang cipta kerja, pemerintahan diminta untuk melihat kembali aturan daerah yang ada agar tidak bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi.

Senada dengan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta semua kepala daerah mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sebab kekuatan sesungguhnya berada di daerah.

“Karena 50 persen mesin line pemerintahan ini ada pada pemerintahan daerah Provinsi, Kabupaten/ Kota sehingga jika pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota tidak serius maka masalah nasional ini tidak akan pernah bisa kita atasi dan tuntaskan,” ungkapnya.

“Disini tantangannya, tantangan otonomi daerah bagaimana kebijakan pusat dan daerah ketika menghadapi masalah nasional seperti Covid-19 terdapat harmonisasi dan simultan dan pararel dengan kebijakan antara pusat dan daerah,” lanjutnya.

Komentar

VIDEO TERKINI