Sambut International World Perss 2021, AJI Kota Kendari Gelar Pameran Karikatur

Senin, 26 April 2021 21:36

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari mengelar pameran karikatur memperingati International World Press (IWP) yang dilaksanakan di anjungan Kendari Water Sport di Kelurahan Tipulu Kota Kendari , Senin (26/4/2021) sore.

Dalam kegiatan ini AJI Kota Kendari memamerkan belasan Karikatur hasil karya Jurnalis Kota Kendari yang berisikan pesan kebebasan terhadap pers dan stop kekerasan terhadap jurnalis.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari Rosniawati Fikri saat diwawancara disela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyambut hari International World Press yang puncaknya akan di adakan pada 3 Mei 2021.

“Kegiatan Pameran Karikatur ini adalah kegiatan kami yang kedua, setelah sebelumnya mengadakan audensi kepada Kapolda Sultra guna konsolidasi kembali terkait MoU antara Kompolnas dengan Dewan Pers, dan meminta kepada Kapolda Sultra agar kerja kerja jurnalis agar selalu di lindungi,” ujar Rosniawati Fikri, Ketua AJI Kota Kendari, Senin (26/4/2021).

Lanjutnya, karena belakangan ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh AJI, bahwa aktor pelaku kekerasan terhadap jurnalis masih di dominasi kekerasan yang dilakukan oleh oknum aparat.

” Berdasarkan data ditahun 2020, secara keseluruhan ada 84 Kasus kekerasan yang terjadi terhadap jurnalis di Indonesia, dan Khusus di Provinsi Sulawesi Tenggara ada beberapa kasus yakni kasus pidana terhadap Jurnalis Sodly di Buton Tengah, dan diawal tahun 2021 ini kita juga mendapat laporan, ada kekerasan fisik dan penghalang – halangan kerja terhadap jurnalis Berita Kota Kendari dan kasus Doxing terhadap jurnalis Ahmad Akbar Fua,” bebernya.

Komentar

VIDEO TERKINI