Bupati Konsel Gelar Raker Perdana, Targetkan Satu Kecamatan 2 Desa Maju, Dana KUR Bagi UMKM, dan Hilirisasi Pertanian

  • Bagikan

“Target kita disetiap Desa Maju dukungan infrastruktur lebih memadai, tidak ada stunting, kemiskinan menurun, manajemen pemerintahan baik, memiliki akses internet, tidak ada lahan tidur, perumahan tertata rapi, warganya memiliki KTP 100% dan lain sebagainya,” terangnya.

Mendukung terealisasinya Desa Maju dan untuk membangkitkan ekonomi pada sektor UMKM se-Konsel, Bupati 2 periode ini mengatakan bahwa melalui Dinas Koperasi Pemda akan mendata pelaku usaha dan memfasilitasi pemberian dana KUR bagi yang belum mendapatkan, dengan besaran bantuan antara 20 – 50 Juta yang sumber dananya dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Adapun skema pembiayaan, kata Bupati yakni melalui PMN. Untuk itu ia meminta instansi terkait bersama masyarakat pengusaha mikro memanfaatkan semaksimal mungkin peluang tersebut demi mendorong kebangkitan ekonomi.

Selanjutnya program Surunuddin kedepan adalah mendorong optimalisasi pencapaian target pendapatan daerah pada semua sektor. Dan meningkatkan status setiap Puskesmas menjadi BLUD serta  peningkatan hilirisasi pertanian.

Hilirisasi pertanian juga merupakan program kerja unggulan Bupati pada periode keduanya ini. Ia mengutarakan bahwa peningkatan nilai tambah produk harus dilaksanakan.

“Seperti penyediaan mesin penggilingan padi agar gabah tidak terkirim keluar daerah, sehingga nantinya Konsel memiliki brand beras sendiri yang secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf hidup petani itu sendiri,” tandasnya.

Mengakhiri rapatnya, Bupati Surunuddin menginginkan agar bantuan sosial yang ada difasilitasi percepatan penyalurannya ke masyarakat termasuk pencairan Dana Desa, serta tidak mengendurkan penanganan covid-19 dengan meneruskan program vaksinasi sesuai ketersediaan vaksin.(ismar/FNN)

  • Bagikan