Kendari Masuk 20 Besar Literasi Digital Tertinggi di Indonesia

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kota Kendari masuk dalam 20 besar Kabupaten/Kota dengan Indeks Literasi Digital tertinggi Se-Indonesia berdasarkan survei status literasi digital Indonesia oleh Katadata Insight Center dengan Kemenkominfo.

Berada di peringkat 17, Kota Kendari memiliki indeks literasi digital 3,61 sejajar dengan kota-kota besar di Indonesia diantaranya DKI Jakarta, Banten, Bandung, Yogyakarta dan Bali.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan bahwa upaya itu merupakan hasil kerja keras semua pihak utamanya seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menghadirkan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Secara perlahan seluruh pelayanan yang sebelumnya masih manual kita ganti secara online dan berbasis aplikasi. Mudah-mudahan ini bisa terus kita tingkatkan dan pertahankan untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Jumat (21/5/2021).

Wali Kota melanjutkan bahwa tidak ada lagi pelayanan yang dilakukan di luar sistem, kita harus terus berinovasi manfaatkan teknologi dan informasi untuk mewujudkan pelayanan prima yang transparan dan akuntabel sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan yang kita berikan.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari Moh. Nur Rasak menjelaskan, layanan berbasis digital ini dibuat sebagai bentuk komitmen pemerintah Kota Kendari untuk memberikan pelayanan yang mudah, transparan, akuntabel serta bebas dari suap pungli dan gratifikasi.

“Pemanfaatan teknologi dan informasi dalam memberikan layanan publik tersebut sangat membantu memberikan kemudahan kepada masyarakat sehingga nantinya akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi, investasi, pendapatan dan kesehatan serta sektor lainnya,” ungkapnya.

  • Bagikan