Sosok Iptu Ariq Arsyam, Calon Menantu Irjen Fadil Imran, Pemilik Dua Gelar Magister Bidang Keamanan Siber

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Namanya Iptu Ariq Taufiqorrahman Arsyam, lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 2017 (angkatan 2013) yang sebentar lagi akan menjadi menantu Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Tak hanya lulusan Akpol, putra sulung Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam itu ternyata punya dua gelar magister, M.T (Magister Teknik) dan M.Sc (Master of Science).

Perwira polisi yang bertugas di Polres Kupang itu tercatat pernah menyelesaikan program pascasarjana double degree Magister Teknik Elektro Opsi Rekayasa Manajemen dan Kemanan Informasi, bulan April 2021.

Program tersebut merupakan realisasi kerja sama antara Polri, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan the Korea International Cooperation Agency (KOICA). Kerja sama itu tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada tahun 2018 antara ketiga insititusi tersebut.

Iptu Ariq bersama 19 perwira lainnya mengikuti pendidikan selama empat semester yang dilaksanakan di ITB dan di Korean Naional Police University (KNPU) yang berlokasi di kota Asan, Chungcheongnam-do, Korea Selatan.

Selama dua semester mengikuti perkuliahan di ITB, para perwira unggulan Polri tersebut belajar tentang kemanan komputer dan jaringan, forensik digital, kriptografi dan aplikasinya, kejahatan komputer, manajemen keaman informasi dan penyusunan tesis.

Sedangkan di KNPU mereka belajar lebih jauh tentang forensik digital, investigasi dan pengumpulan alat bukti digital berteknologi tinggi, kriminologi siber, hukum kejahatan siber, serta mengikuti kelas ekstrakurikuler seni beladiri Korea.

  • Bagikan