Pilpres 2024 Nasdem Bentuk Poros Baru, Incar Dua Partai Ini

Rabu, 16 Juni 2021 09:39

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Nasdem siap melahirkan poros baru di Pilpres 2024 mendatang sebelum menggelar konvensi calon presiden 2024.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menegaskan, konvensi Partai Nasdem bukan sebuah dagelan.

Akan tetapi memiliki rencana-rencana teknis yang akan segera direalisasikan pengurus partai.

Itu dilakukan untuk menjalin komunikasi koalisi memenuhi yarat ambang batas pencalonan atau presidential threshold yang ditetapkan dalam UU Pemilu.

Demikian disampaikan Willy Aditya dalam serial diskusi Obrolan Bareng Bang Ruslan bertema “Menanti Kejutan Pilpres 2024” yang digelar RMOL (jaringan PojokSatu.id), Selasa (15/6/2021).

“Yang menjadi niscaya itu membangun koalisi, karena saya katakan ini (konvensi) kan bukan embel-embel. Ngapain buat konvensi sendiri lucu-lucuan. Nanti enggak bisa berangkat juga,” ujarnya.

Berdasarkan kalkulasi, Partai Nasdem bisa menjalin koalisi dengan satu partai politik untuk membentuk satu poros baru menjelang 2024.

Sebab, untuk bisa mencalonkan capres-cawapres, parpol atau gabungan parpol harus memiliki 20 persen kursi di DPR RI atau 25 persen perolehan suara pada pemilu sebelumnya.

Untuk itu, partainya bisa menjalin koalisi dengan partai lain yang memperolehan suara yang lebih tinggi, misalnya dengan Partai Golkar atau PKB.

“Nasdem kalau suara DPR 11 persenan, kalau Nasdem sama PKB atau Golkar bisa cukup berdua (Nasdem-Golkar atau Nasdem-KB),” katanya.

Komentar

VIDEO TERKINI