Penderita Asam Lambung Wajib Konsumsi 9 Buah Ini

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Ada kabar gembira bagi penderita sakit mag. Sebab, ada berbagai obat mag alami yang berasal dari buah.

Tentunya jenis buah yang dipilih harus dengan tingkat keasaman rendah. Jeruk, lemon, jeruk bali, dan sejenisnya sebaiknya dihindari karena memiliki tingkat keasaman tinggi.

Berikut buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung, di antaranya:

  1. Pisang
    Pisang sering dikonsumsi untuk melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut. Buah ini mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH di dalam lambung. Kandungan potassium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres. Namun, ada beberapa kejadian pisang justru dapat memperburuk mag. Karena, tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati dengan pisang. Jika sudah mencoba dan ternyata gagal, maka sebaiknya segera dihentikan.
  1. Pepaya
    Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan asam asetat dan asam askorbatnya bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

3. Mangga
Selain mempunyai rasa enak dan manis, mangga juga merupakan buah untuk mag yang sehat kaya nutrisi, serta dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi alami.

Mengonsumsi buah mangga bisa menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

4.Kelapa
Air kelapa memiliki enzim bioaktif alami seperti asam katalase, fosfatase, dehidrogenase, peroxidase, diastase, dan RNA polimerase. Enzim-enzim ini dapat melancarkan pencernaan dan metabolisme.

Air kelapa efektif mengendalikan refluks asam pemicu penyakit mag. Rutin minum air kelapa dapat mencegah gangguan di lambung penyebab sakit mag.

5.Semangka
Buah yang tinggi kadar air ini banyak mengandung citrulline, yaitu asam amino yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna dalam menjaga tingkat asam di dalam tubuh.

6. Apel
Apel sangat kaya vitamin A, C, D, dan B. Buah ini juga dapat membantu pencernaan dan buang air besar. Hal ini akan membantu mengurangi asam lambung.

7.Persik
Buah persik dapat membantu mengatasi diabetes dan masalah kulit. Kandungan asamnya yang rendah baik untuk penderita sakit lambung. Persik juga tinggi kalsium, zat besi, magnesium, serta vitamin A, B, dan C.

  • Bagikan