Curah Hujan Tinggi, Jembatan di Desa Butur Ambruk Diterjang Banjir

Senin, 21 Juni 2021 09:59

Kondisi Jembatan di Desa Wantulasi Pasca Dilanda Banjir. Foto: BPBD Butur

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BUTON UTARA – Musibah banjir kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Buton Utara (Butur). Tingginya intensitas curah hujan diduga menjadi faktor penyebab.

Peristiwa ini terjadi Jumat (18/6) sekitar pukul 10.00 Wita. Sedikitnya ada dua daerah yang dilanda musibah naas tersebut.

Kedua daerah itu yakni Desa Wantulasi di Kecamatan Wakorumba Utara, dan Desa Lapandewa di Kecamatan Kulisusu Barat.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa tersebut. Hanya saja beberapa rumah warga terendam dan satu buah jembatan ambruk dihantam banjir. Jembatan ambruk tersebut berada di Desa Wantulasi, Kecamatan Wakorumba Utara.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Butur, Uci Mao fauziah, menjelaskan ambruknya jembatan tersebut diakibatkan jebolnya bronjong penahan tiang jembatan. Sehingga, arus sungai Watulansi terus mengikis area di sekitar tiang jembatan dan membuat jembatan runtuh seketika.

Air sungai watulansi juga meluap dan merendam sekitar kurang lebih 4 rumah di sekitaran bibir sungai. “Jembatan ambruk mengakibatkan jalur lintas dalam desa terputus total,” kata Uci Mao Fauziah, Sabtu (19/6/2021).

Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Relawan BPBD serta masyarakat telah melakukan peninjauan lokasi kejadian.

Dari hasil peninjauan, BPBD Butur mencatat tak ada kerugian personil dalam peristiwa ini. Sedangkan untuk kerugian materil yakni ambruknya jembatan Wantulasi. (rakyatsultra/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI