Tekan Penyebaran Covid-19 Lewat Germas, Sekot Kendari Ajak Masyarakat Lakukan Aktifitas Fisik

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI — Banyak cara yang dilakukan Pemkot Kendari untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menggalakan Gerakan Hidup Sehat (Germas) di tengah masyarakat. Upaya itu diyakini mampu mencegah penularan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Sekot Kendari, Nahwa Umar mengatakan ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan masyarakat agar tidak terpapar virus corona seperti melakukan aktifitas fisik (perenggangan) minimal 20 menit setiap hari, mengkonsumsi makan bergizi, mematuhi protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas), serta mensukseskan program vaksinasi.

“Upaya ini penting dilakukan masyarakat agar membiasakan diri untuk berperilaku hodup bersih dan sehat. Juga tetap mematuhi protokol kesehata agar kita bisa terhindar dari resiko penularan Covid-19,” kata Nahwa Umar usai membuka Pertemuan Forum Diskusi Germas Tingkat Kota Kendari, di Hotel Claro beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Nahwa mengapresiasi peran Dinas Kesehatan dan seluruh elemen terkait yang tergabung dalam forum komunikasi germas Kendari yang telah menggalakkan germas seperti yang diatur dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang germas serta sudah tertuang dalam Instruksi Walikota Kendari Nomor 641 tahun 2020 tentang peningkatan pelaksanaan germas.

“Dalam pelaksanaannya, seluruh elemen dinilai berhasil melaksanakan germas. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan demi mewujudkan masyarakat Kota Kendari yang sehat,” kata Nahwa Umar.

  • Bagikan