Dinas Pertanian Catat Produksi Bawang Merah Busel Capai 275 Ton Perbulan

Selasa, 22 Juni 2021 10:17

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BUTON SELATAN – Produksi pertanian Kabupaten Busel nampaknya tidak perlu diragukan lagi. Pada Juni 2021 saja Dinas Pertanian Kabupaten Buton Selatan (Busel) mencatat, sedikitnya 275 ton bawang merah yang dipanen petani Busel dalam setiap bulan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Busel, LM Idris menuturkan dari data yang dihimpun pihaknya disetiap bulan, petani bawang merah Busel menunjukkan tren yang positif.

Terlebih, dengan lahan yang mencapai 74 hektare, petani Busel dapat memanfaatkannya dengan baik dan memproduksi bawang merah mencapai 275 ton per bulan.

“Dengan hasil produksi bawang merah kita seperti ini, menunjukkan bahwa petani kita telah melirik bawang merah menjadi salah satu komuditas unggulan. Apalagi dengan hasil yang melimpah, tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para petani,” tuturnya.

Kata dia, pada dasarnya rata-rata tiap satu hekare ladang bawang dapat menghasilkan 10 hingga 11 ton. Namun demikian, para petani Busel saat ini tengah berupaya mencapai target tersebut.

“Hasil produksi tentu tidak terlepas dari dukungan benih, pupuk dan lahan yang subur. Dan kita saat ini tengah berupaya menghadirkan benih sendiri yang ditempatkan di Lapandewa sebagai ladang benih bawang kita,” tambahnya.

Dia menambahkan, daerah sentra bawang merah di Busel terdapat di tiga kecamatan di Busel. Yakni Kecamatan Lapandewa, Kecamatan Batauga dan Kecamatan Sampolawa.

Komentar

VIDEO TERKINI