Anda Penderita Diabetes, Waspadai 6 Jenis Sayuran Ini

Selasa, 29 Juni 2021 08:30

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Para penderita diabetes tidak bisa sembarangan dalam memilih makanan. Mereka harus memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan benar agar kadar gula darah tetap stabil.

Apabila abai dengan hal tersebut, risiko komplikasi bisa meningkat tinggi.

Secara umum, penderita diabetes mesti menghindari asupan yang tinggi karbohidrat dan gula.

Selain itu, ada pula beberapa jenis sayur yang mesti dihindari oleh orang dengan kondisi tersebut, karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Berdasarkan dr. Reza Fahlevi, Sp. A, sayuran-sayuran tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung karbohidrat dengan kadar yang tinggi.

“Konsepnya, kalau makanan tinggi karbohidrat, sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Kalau sayuran yang daun-daunan, tidak masalah,” kata dr. Reza.

Lantas, apa saja sayuran pantangan bagi penderita diabetes? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. KentangKentang merupakan jenis sayuran yang sering dijadikan pengganti nasi. Namun, jenis umbi-umbian ini memiliki indeks glikemik tinggi.

Dengan karakteristik semacam itu, konsumsi kentang bisa membuat kadar gula darah naik dengan cepat.

Penelitian yang tercatat dalam US National Library of Medicine (NCBI) menunjukkan, kentang yang digoreng mengalami peningkatan kadar pati sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Akan tetapi, meski termasuk sebagai pantangan sayuran untuk diabetes, bukan berarti kentang mesti dihindari sama sekali.

Komentar

VIDEO TERKINI