Anda Penderita Diabetes, Waspadai 6 Jenis Sayuran Ini

  • Bagikan

Jangan lupa untuk dipadukan dengan makanan mengandung protein dan serat yang tinggi.

  1. Kacang Polong
    Satu gelas kecil kacang polong mengandung 20 gram karbohidrat. Oleh karena itu, kacang berwarna kehijauan ini dapat meningkatkan kadar gula darah, khususnya apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Jika memang penderita diabetes ingin mengonsumsi kacang polong, pastikan untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan.

  1. Labu Mentega
    Labu mentega memiliki 16 gram karbohidrat per gelas kecil, serta memiliki serat kurang dari 3 gram.

Bagi penderita diabetes yang mesti memantau asupan karbohidrat dengan sangat ketat, labu mentega sebaiknya dihindari agar tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

  1. Jus Sayuran
    Jus sayuran merupakan jenis makanan yang kekurangan salah satu kunci untuk membantu mengatur gula darah, yaitu serat.

Apa pun jenis sayuran yang Anda pilih untuk dikonsumsi, sebaiknya tidak diolah dengan cara dijus.

“Jus sayuran dilarang. Sebab, sayuran yang dijus cenderung akan ditambahkan gula, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes,” ucap dr. Reza.

Satu gelas kecil jus sayuran dapat mengandung hampir 29 gram karbohidrat. Jika ditambahkan gula untuk memaniskan rasanya, jumlah karbohidratnya semakin meningkat.

  1. Sayuran Kaleng
    Sayuran yang dikemas dalam kaleng mungkin mengandung tambahan garam. Kadar garam yang tinggi pada sayur tersebut dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi), apalagi pada penderita diabetes.

Itu dia beberapa pantangan sayuran untuk penderita diabetes yang sebaiknya dipatuhi. Jika jenis sayuran kesukaan Anda termasuk ke dalam daftar tersebut, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter terkait cara pengolahan dan porsinya. Dengan begitu, Anda bisa menghindari lonjakan gula darah yang berujung komplikasi.(klikdokter/fajar)

  • Bagikan