Fadli Zon Lontarkan Kritik Pedas, Sebut Negara Sudah Tidak Mampu Selamatkan Nyawa Rakyat

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Politikus Partai Gerindra Fadli Zon kembali melontarkan kritik pedas terhadap cara pemerintah menangani pandemi Covid-19. Fadli bahkan menyebut negara tak lagi mampu menyelamatkan nyawa rakyat dari wabah ganas ini.

Anggota DPR RI itu lalu menyarankan pemerintah segera melempar handuk dan meminta pertolongan negara sahabat.

“Sebaiknya segera ada intervensi dan pertolongan global untuk Indonesia. Negara sudah tidak mampu menyelamatkan nyawa rakyat,” cuir Fadli Zon lewat akun Twitter pribadinya @fadlizon, Senin (5/7/2021).

Menurut pandangannya, terdapat beberapa kelemahan yang membuat negara ini gagal atasi pandemi. Misalnya fasilitas kesehatan yang over kapasitas hingga kelangkaan oksigen.

“Rumah sakit tak berdaya melayani pasien, oksigen langka, vitamin sulit didapat. Utang kepada RS belum dibayar. Banyak orang berjibaku sendiri menyelamatkan diri,” tutur Fadli.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menepis adanya anggapan bahwa fasilitas kesehatan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia mengalami kolaps.

Dia menyebut masih banyak rumah sakit yang masih merawat dan mengkonversi ruang tempat perawatannya untuk menampung pasien Covid-19. Terutama rumah sakit swasta di Jakarta.

Kendati demikian, ia mengamini bahwa situasi yang terjadi saat ini adalah sejumlah fasilitas kesehatan mengalami kelebihan pasien alias overload karena jumlah pasien yang masuk datang di waktu bersamaan.

“Kalau faskes overload betul karena jumlah pasien sangat banyak yang datang pada waktu bersamaan,” akunya.

  • Bagikan