Drama Adu Penalti, Italia Lolos ke Final Piala Eropa 2020

  • Bagikan

Menurut statistik Live Score, Spanyol lebih mendominasi babak pertama dengan penguasaan bola 61%. Namun, mereka hanya memiliki satu tembakan on target. Empat upaya lainnya melenceng dan mampu diblok. Sementara Italia dengan penguasaan bola 39% hanya melakukan satu tembakan ke gawang yang melenceng dari sasaran.

Kembali ke lapangan, Italia mendapat peluang lebih dulu melalui Ciro Immobile. Namun tembakan kaki kirinya masih melenceng dari sasaran. Pada menit ke-52, Spanyol balas mengancam ketika Oyarzabal memberikan umpan manis pada Busquest. Sayang, tembakan keras kapten Spanyol itu masih melayang tipis di atas mistar.

Italia balas meneror melalui Federico Chiesa. Tapi tembakan kerasnya dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap Unai Simon. Kedua negara terlibat saling serang dan melalui sebuah serangan balik, Italia bisa memimpin di menit ke-60.

Bermula dari bola yang diberikan Donnarumma, Italia menyerang cepat melalui sayap kiri. Aymeric Laporte dan Eric Garcia mencoba memotong umpan Marco Verratti, namun bola kemudian jatuh di kaki Chiesa. Pemain Juventus itu melepaskan tembakan kaki kanan melengkung yang membuat Simon hanya terdiam.

Tertinggal 0-1, Pelatih Spanyol, Luis Enrique langsung memasukkan Alvaro Morata untuk menggantikan Ferran Torres yang tidak tampil sebagus biasanya. Sedangkan allenatore Italia, Roberto Mancini memasukkan Domenico Berardi menggantikan Ciro Immobile.

Menit ke-64, Spanyol harusnya bisa menyamakan kedudukan ketika mereka mendapat peluang terbuka. Sayang, bola yang melintas di depan gawang tidak bisa disundul Oyarzabal. Setelah itu, dua menit berselang Italia nyaris menggandakan keunggulan. Umpan matang Chiesa disambar Berardi yang bisa digagalkan Simon dengan pahanya.

  • Bagikan