Khasiat Daun Kemangi, Obati Batuk, Flu Hingga Demam Berdarah

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID — Penggemar dan penghobi masakan pasti tidak asing dengan kemangi. Pasalnya, tumbuhan ini banyak dimanfaatkan sebagai lalap menu makanan atau menjadi campuran bahan masakan.

Dari seluruh bagiannya, daun kemangilah yang kerap dijadikan campuran menu makanan.

Melansir dari dari buku berjudul 120 Jus Dahsyat Buah & Sayuran Ampuh Atasi 12 Penyakit karya Wied Harry Apriadji, kemangi mengandung vitamin C, kalsium, betakaroten, fosfor, zat besi, apigenin, eugenol, asam amino arginin, dan triptofan.

Kandungan tersebut membuat kemangi kerap dijadikan obat herbal untuk menumpas sejumlah penyakit.

Manfaat daun kemangi sebagai obat herbal. Selain mengandung vitamin dan aktioksidan, daun kemangi bersifat antiimflamasi, antikanker, dan analgesik.

Kemangi cukup mudah didapatkan di pasar tradisional sampai pasar modern. Harga kemangi pun relatif murah. Sama sekali tak bikin kantong bolong.

Berikut manfaat kemangi sebagai obat herbal yang bisa menumpas sejumlah penyakit.

Obat batuk dan flu
Mengutip dari buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan, karya Yusuf CK Arianto, kemangi bersifat ekspektoran sehingga bisa mengobati batuk dan flu.

Selain itu kemangi mampu mengencerkan lendir untuk penyakit bronkitis dan Asma.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup merebus daun kemangi dan cengkeh serta tambahkan sedikit garam. Anda minum air resebusan kemangi tersebut secara teratur.

Demam berdarah
Daun kemangi dipercaya bisa menurunkan demam dan demam berdarah. Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup tumbuk daun kemangi dan daun cendana sampai halus. Anda tempelkan tumbukan daun kemangi ke dahi.

  • Bagikan