Rebusan Daun Sirih Merah, Atasi Diabetes hingga Kolesterol

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Air rebusan daun sirih merah ternyata memiliki segenap manfaat yang bisa bikin pria dan wanita puas.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air.

Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak.

Cara membuat air rebusan ini yaitu siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit. Minumlah air rebusan daun sirih satu kali sehari.

Berikut manfaat air rebusan daun sirih merah bagi kesehatan.

Mengatasi diabetes
Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.

Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apa pun yang perlu dikhawatirkan.

Menurunkan kolesterol
Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh.

Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

Kolesterol dan trigliserida tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

Mencegah depresi
Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya.

Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak. (hellosehat)

  • Bagikan