Selain Cegah Stroke, Ini Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

  • Bagikan

3. Mencegah Radikal Bebas. Jika dalam tubuh terlalu banyak radikal bebas, maka bisa menyebabkan oksidasi kolesterol tinggi dan juga penggumpalan trombosit. Sehingga menyebabkan aterosklerosis yang sangat merusak pembuluh darah. Dengan mengonsumsi lobak putih maka radikal bebas dalam tubuh bisa ditangkal dan akhirnya perkembangan penyakit ini bisa dicegah.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh. Lobak juga merupakan makanan tambahan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubu, karena memiliki kandungan B Kompleks yang sangat tinggi. Vitamin ini ampuh dalam mengendalikan proses enzimatik serta memastikan semua organ dalam tubuh bisaberfungsi dengan baik. Dengan ini, kadar hormon dalam tubuh juga bisa dijaga dengan stabil.

5. Meningkatkan Detoksifikasi. Berbagai jenis sayuran lobak seperti lobak putih dan lobak hijau, dapat memberikan manfaat detoksifikasi untuk mencegah masuknya bahan kimia berbahaya ke dalam tubuh. Sebab dalam lobak mengandung glukotropaeolin yang merupakan senyawa untuk merangsang dan mengendalikan proses detoksifikasi berbagai jenis enzim.

6. Menurunkan darah tinggi. Di dalam lobak juga terkandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Hampir di semua kasus, tekanan darah tinggi biasanya terjadi akibat terlalu banyaknya kadar natrium di dalam tubuh. Sedangkan cara kerja kalium jelas bertolak belakang dengan natrium. Itu sebabnya kalium dapat membantu meredam efek samping yang ditimbulkan oleh natrium, dan mencegah naiknya tekanan darah.

7. Mencegah penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan fakta menarik mengenai lobak daikon. Jenis lobak ini disebut-sebut mampu mengandung senyawa tertentu yang bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

  • Bagikan