Gandeng Telkom University Bandung, Pemkab Buteng Kembangkan Aplikasi Absen ASN Berbasis Android

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BUON TENGAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) bekerjasama dengan Telkom University Bandung mengembangkan aplikasi absen berbasis android. Aplikasi tersebut diberi nama e-Presensi Kabupaten Buton Tengah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buteng, Samrin menjelaskan, aplikasi absen tersebut bisa langsung diunduh di Play Store pada android masing-masing ASN.

“Aplikasi tersebut masih dalam tahap ujicoba. Tetapi kita sudah sampaikan kepada kepala OPD, camat dan lurah untuk menyosialisasikan kepada bawahannya untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini,” kata Samrin.

Lebih lanjut, Samrin menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi ini akan dipaparkan melalui bimtek yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Bila masih ditemukan keluhan dan kelemahan pada aplikasinya, akan didiskusikan dan kemudian dilaporkan ke Telkom University untuk disempurnakan.

“Untuk saat, ini fitur Aplikasi E-Presensi yang tersedia baru sebatas fitur absensi yang berguna untuk mengetahui kehadiran ASN di kantor. Aplikasi akan mencatat jam tiba dan jam pulang dari kantor tiap ASN dengan menggunakan deteksi wajah dengan radius 50 meter dari kantor,” ujarnya.

“Aplikasi ini sebenarnya bukan hanya untuk absen saja, namun juga terdapat fitur seperti lembur, rapat, izin, cek in dan cek out. Aplikasi ini juga bisa dipantau pimpinan OPD maupun pimpinan daerah terkait kinerja ASN dihari itu. Namun fitur kinerja ASN saat ini belum tersedia di dalam menu E-Presensi,” katanya.

  • Bagikan