1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Bantuan dari AS Tiba di Indonesia

Jumat, 16 Juli 2021 09:01

Petugas kargo membawa vaksin Covid-19 Moderna setibanya di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 1.500.100 dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS) tiba di Indonesia pada Kamis (15/7).

Ini merupakan tambahan dari tiga juta dosis vaksin yang telah diterima sebelumnya sehingga menggenapkan total donasi vaksin dari AS untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

“Kami berupaya untuk memberikan sebanyak mungkin vaksin yang aman dan efektif sehingga sebanyak mungkin orang Indonesia dapat divaksin secepat mungkin,” ujar Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y Kim, dalam keterangan tertulis.

Kim menegaskan bahwa AS akan berkontribusi untuk membantu mengakhiri pandemi Covid-19 dan membangun kembali dunia yang lebih siap untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman kesehatan di masa depan, agar semua orang dapat hidup dengan aman dan sehat.

“Penting untuk terus diingat, tidak ada satu orang pun yang aman hingga semua orang aman,” tutur Kim.

AS telah memberikan komitmen bersejarah berupa kontribusi senilai USD 4 miliar (sekitar Rp 58 triliun) melalui aliansi vaksin GAVI untuk COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC).

Kontribusi AS mendukung pembelian dan pengiriman vaksin Covid-19 untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah, termasuk Indonesia.

Dengan pengiriman terbaru ini, maka Indonesia telah menerima lebih dari 12,7 juta dosis vaksin melalui COVAX AMC, sebuah inisiatif global untuk mendukung akses yang adil terkait distribusi vaksin Covid-19 yang aman dan efektif.

Komentar

VIDEO TERKINI