Anak-anak Tertular Covid-19, Jangan Panik! Ini Tips Penuhi Nutrisinya Hingga Sembuh

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID — Baru-baru ini, artis dan istri sutradara Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca menghadapi situasi yang tegang karena anak-anaknya terpapar Covid-19. Saat ini, semuanya sudah sembuh.

Zaskia pun berbagi tips bagaimana anak-anaknya cepat sembuh dari Covid-19 karena terpenuhinya nutrisi.

Hal itu sejalan dengan tema dalam webinar nasional yang diselenggarakan PP Muslimat NU bersama Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) baru-baru ini.

Zaskia berbagi cerita mengenai cara memenuhi asupan gizi keluarganya. Ia merasa, gizi penting untuk anak-anaknya apalagi ketika mereka sakit kemarin.

Oleh karena itu, saat menjadi ibu, selain menyiapkan mental, Zaskia juga membekali dirinya dengan pengetahuan terutama makanan bergizi yang dibutuhkan anak.

Karena itu, pada saat dua anaknya terkena Covid-19 beberapa waktu lalu, Zaskia mengaku tidak begitu kesulitan menangani asupan makan anaknya.

“Pastinya anak-anak saat sakit nafsu makannya berkurang, karena itu saya menyiasati dengan membiarkan mereka memilih menu namun tetap dalam koridor makanan bergizi dan rendah gula garam lemak,” papar Zaskia.

Sementara itu, Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Meta Herdiana Hanindita SpA(K) mengatakan berdasarkan data per 14 Juli 2021, dari semua kelompok umur, anak-anak menempati 13 persen penderita Covid-19, 1,1 persen diantaranya meninggal. Yang utama saat ini adalah menjaga imunitas dan daya tahan tubuh anak.

“Jangan sampai anak menjadi malnutrisi. Kesalahan yang sering terjadi adalah orang tua beranggapan malnutrisi adalah kurang gizi, padahal overweight dan obesitas juga termasuk malnutrisi. Karena itu kecukupan gizi anak saat ini menjadi penting,” jelas dr. Meta.

  • Bagikan