Dibalik Rasa Pahit Ternyata Mengkudu Punya 7 Manfaat Luar Biasa

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA –Tak bisa dimungkiri, meski banyak orang tidak suka dengan buah mengkudu karena bau dan rasanya. Namun, mengkudu mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan meningkatkan stamina.

Manfaat mengkudu untuk kesehatan tidak usah diragukan lagi, karena penyakit ringan dan berat bisa dicegah ataupun diobati.

Meski buahnya memiliki rasa sangat pahit, tetapi mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik dan berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan buah mengkudu: protein; vitamin; mineral; selenium; xeronine; plant sterois; alizarin; lycine; sosium; caprylic acid; arginine; proxeronine; antra quinines; trace elemens; phenylalanine; magnesium; terpenoid; dan zat antikanker.

Cara mengonsumsinya untuk lebih tokcer bisa dibuat jus.

Berikut GenPI.co membeber khasiat mengkudu untuk kesehatan tubuh:

Anti bakteri
Senyawa antrakuinon dan terpana dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri. Sehingga dapat memelihara kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.

Anti inflamasi
Buah mengkudu telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan, karena memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Jus buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan fisik.

Faktanya, penduduk Kepulauan Pasifik percaya bahwa memakan buah mengkudu memperkuat tubuh selama perjalanan memancing dan pelayaran yang panjang.

Beberapa penelitian menunjukkan efek positif dari minum jus mengkudu selama berolahraga.

  • Bagikan