Begini Panduan Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 dari Guru Besar FKUI

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama memberikan saran kepada penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dia memaparkan setidaknya empat tahapan yang harus dilakukan pasien isoman.

“Pertama dan utama adalah evaluasi keadaannya secara rutin setidaknya dua kali sehari, mulai dari suhu dengan termometer, saturasi oksigen dengan oksimeter, serta perubahan gejala yang terjadi, serta juga perubahan pada penyakit komorbid yang ada,” kata dia dalam siaran pers, Minggu (1/8/2021).

Kedua, mantan Direktur WHO Asia Tenggara itu menyarankan pasien Covid-19 untuk berkomunikasi petugas kesehatan secara rutin, sebaiknya setiap hari.

Komunikasi bisa melalui telepon atau WhatsApp ke rumah sakit dan puskesmas. Bisa juga lewat telemedicine yang disediakan pemerintah.

“Atau setidaknya selalu berkomunikasi dengan dokter atau petugas kesehatan lain yang dikenal,” jelas dia.

Ketiga, kata Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu, penderita harus menyediakan obat, baik untuk Covid-19 maupun penyakit komorbid yang harus dikonsumsi.

Penangan komorbid sangat penting. Sebab, ketika komorbid memburuk, maka bisa mempengaruhi Coronanya juga.

Keempat yang tak kalah penting, yaitu penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri harus tetap menjaga pola hidup bersih sehat.

“Selalu makan bergizi, melakukan aktivitas fisik, istirahat yang cukup serta mengelola stres dengan baik,” jelas dia. (jpnn/fajar)

  • Bagikan