Setahun Implementasi Aplikasi JARI, Warga Kendari: Sangat Membantu Masyarakat

  • Bagikan

Sementara itu, Inspektur Kota Kendari Syarifuddin menuturkan bahwa aplikasi JARI ini awalnya merupakan ide dan tantangan dari Wali Kota Kendari kepada Inspektur selaku Reformer dalam rangka memenuhi kewajiban pembelajaran saat mengikuti Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II tahun 2020 yang lalu.

“Ide tersebut kemudian diimplementasikan oleh seluruh pihak-terkait, mulai dari tenaga front office, admin, staf dan pejabat Disdukcapil,. termasuk 11 Camat dan 65 Kelurahan; tentu dengan pendampingan penuh oleh Dinas Kominfo dan APIP Inspektorat Kota Kendari, didukung oleh pimpinan dalam hal ini Walikota, Wakil Walikota Kota Kendari, dan Sekda Kota Kendari selaku mentor program tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Inspektur mengaku aplikasi JARI bukan hanya sebuah alat tetapi, dinamika, proses, pengembangan, tantangan, evaluasi, dan sebagainya.

“Yang utama adalah pemberian layanan kepada masyarakat, serta manfaatnya bagi seluruh lapisan masyarakat. Semoga aplikasi JARI ini menjadi milik bersama dan sesuai dengan maknanya yaitu Jaga Kendari, mampu menjaga seluruh pihak yg terlibat untuk mewujudkan pemberian layanan yang bebas suap pungli dan gratifikasi,”harapnya.

Kemudian kata Simon (43) seorang pekerja swasta di Kota Kendari, hadirnya aplikasi JARI di Kota Kendari sangat membantu masyarakat.

“Bagus dan sangat membantu, tidak ada lagi pilih kasih dalam pelayanan, adanya kepastian, tidak harus punya kenalan, beda waktu belum ada aplikasi ini,siapa yang ada kenalnya itulah yang cepat dilayani,”ungkapnya.

  • Bagikan

Exit mobile version