Kejar Capaian Herd Immunity, Pemkot Kendari Gelar Vaksinasi Massal Khusus Remaja

Kamis, 12 Agustus 2021 10:05

Ilustrasi vaksin.

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI — Pemkot Kendari berupaya keras mencapai Herd Immunity (kekebalan kelompok) agar bisa terbebas dari pandemi Covid-19.

Salah satu cara yang dilakukan yakni mempercepat penyaluran vaksin kepada masyarakat.

Sejauh ini, dari enam kelompok yang menjadi sasaran vaksinasi, kelompok remaja dinilai paling rendah cakupannya baru 3,84 persen.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan pemberian vaksin kepada remaja penting untuk dilakukan mengingat mobilitas mereka yang cukup tinggi.

Selain itu, kepatuhan prokes pada remaja masih rendah karena berdasarkan laporan yang diterimanya dari satgas percepatan penanganan Covid-19 menyebutkan rata-rata pelanggar prokes sepekan terakhir didominasi remaja yang masih sering nongkrong dan tidak memakai masker.

“Saya sudah instruksikan dinas kesehatan (Dinkes) agar mempercepat prosesnya (vaksinasi remaja). Selain itu, saya minta satgas untuk lebih ketak mengawasi anak-anak kita yang beraktifitas di luar ruangan. Terutama di ruang-ruang publik dan titik keramaian. Pastikan masyarakat kita tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

Terpisah, Kepala Dinkes Kendari drg.Rahminingrum tak menampik jika cakupan vaksinasi bagi remaja masih rendah.

Cakupannya baru mencapai 3,84 persen atau baru sekitar 1.371 remaja yang telah divaksin. Sementara sasarannya sebanyak 35.737 orang.

Atas dasar itu, pihaknya bakal mempercepat pemberian vaksin kepada remaja. Sebagai bentuk komitmen, pihak telah menggelar vaksinasi massal khusus remaja sejak 9 Agustushingga 13 Agustus mendatang.

Komentar

VIDEO TERKINI