Kapal Penumpang bermuatan 28 Orang, Terbakar di Perairan Kabaena Utara, Bombana

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Sebuah kapal cepat penumpang bernama MV Superjet 17 atau Kapal Motor (KM) Bukit Sumber Poleang yang memuat 28 orang penumpang termasuk kru kapal, terbakar hebat di Perairan Dusun Malandahi Pantai, Kecamatan Kabaena Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/8).

Kejadian ini juga sempat terekam dalam sebuah video amatir berdurasi sekira 30 detik yang direkam oleh seorang penumpang yang sedang diterapung di atas laut.

Koordinator Pelabuhan Kasipute, Bombana Fadli saat dihubungi dari Kendari, Senin mengatakan kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 13.00 WITA saat kapal itu berlayar dari Pelabuhan Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat menuju Pelabuhan Kasipute ibu kota Kabupaten Bombana.

“Tadi kejadiannya sekitar pukul 13.00 WITA. Alhamdulillah jumlah penumpang 22 orang, ABK enam orang, selamat semua,” katanya.

Ia mengatakan para penumpang dan ABK diselamatkan oleh nelayan warga Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara yang melihat insiden itu.

“Para penumpang dan kru kapal diselamatkan oleh warga pesisir Desa Mapila, yang kerahkan kepala desanya,” ujar dia.

Fadli menyampaikan, pihaknya belum mengetahui penyebab kapal itu terbakar sebab para kru kapal saat ini sedang syok sehingga belum bisa memberikan keterangan.

“Belum (ditahu penyebab kebakaran), untuk posisi semua kru ABK masih dalam keadaan trauma, belum bisa bicara. Belum bisa mengetahui penyebab kebakaran, sumber apinya,” katanya.

Untuk diketahui, Saat ini, kata dia, para penumpang termasuk kru kapal dievakuasi menuju Desa Mapila, Kecamatan Kabaena Utara.(ismar/FNN)

  • Bagikan