Empat Tokoh Ini Berpeluang Jadi Capres, Ini Kalkulasi Parpol Pendukungnya

Rabu, 18 Agustus 2021 09:59

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun blak-blakan menyebut empat tokoh yang bakal maju menjadi calon presiden di Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkan Refly Harun dalam video yang diunggah di kanal YouTube miliknya. Akademisi itu pun berharap keempat tokoh tersebut betul-betul menjadi calon presiden.

“Kalau saya justru berdoa bahwa Puan betul-betul maju sebagai presiden, Prabowo maju sebagai calon presiden, Ganjar maju sebagai calon presiden, dan Anies Baswedan maju sebagai calon presiden,” jelas Refly Harun dikutip GenPI.co, Selasa (17/8).

Pengamat sosial dan politik itu berharap, paling tidak ada 4 sloting calon presiden dan mereka tinggal mencari calon wakilnya.

“Karena berdasarkan elektabilitas dan probabilitas maka merekalah yang bisa menjadi calon,” tutur Refly Harun.

Pertama, Anies Baswedan. Kata dia Anies memiliki market tersendiri. Namun, persoalannya dengan Anies, dia tidak memiliki kendaraan politik.

“Hanya feeling saya kalau surveinya nomor satu, PKS mau merapat,” ungkap Refly Harun.

Menurutnya, Demokrat asal menggandeng Agus Yudhoyono sebagai wakil presiden barangkali bisa merapat.

“Lalu kalau misalnya PKS dan Demokrat sudah bersatu, maka hanya membutuhkan satu partai saja. PPP saya kira akan mau. Tergantung apakah dia melihat pasngan Anies-AHY ini punya potensi atau tidak,” jelas Refly Harun.

Kedua adalah Puan Maharani. Walau pun peluangnya kecil, tapi paling tidak Puan Maharani akan bisa menyelamatkan PDIP, sebagai partai dan kepemimpinan trah Bung Karno bisa tetap dipertahankan.

Komentar

VIDEO TERKINI