BMKG: Kolaka Utara Diguncang Gempa Tektonik 3,7 SR, Tidak berpotensi Tsunami

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KOLAKA UTARA – Sebelah Barat Laut Lasusua Kabupaten Kolaka Utara diguncang gempa bumi tektonik sekira pukul 22.01 WITA, Jum’at (27/8).

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan M=3.7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.47 Lintang Selatan, 120.85 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 15 km, Barat Laut Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 17 km,” ungkap Rudin Kepala Stasiun Geofisika Kendari dalam rilisnya, Jum’at (27/8).

Lanjutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal di Barat Laut Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara.

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Kolaka Utara II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” bebenya.

Kata Rudin, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 22.45 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan,” ujarnya lagi.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tandasnya.(ismar/FNN)

  • Bagikan