Pilgub Sultra, Ras Md: Kerry Kongguasa dan Andi Sumangerukka Potensial

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kerry Kongguasa dan Andi Sumangerukka dinilai potensial maju di pemilihan gubernur Sultra 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Ras Md, Sabtu (28/8/21).

Ras Md menanggapi analisa Direktur Eksekutif Mitra Demokrasi Indonesia (MDI) Andi Taufiq Aris (Ata) tentang figur potensial Pilgub Sultra.

“Apa yang dijelaskan oleh saudara Taufiq Aris perihal figur potensial Pilgub Sultra 2024 mendatang ada benarnya juga. Memang secara geopolitik Sultra, tiga figur yang dijelaskan itu memang potensial,” jelasnya.

Namun menurut Ras Md, yang luput dijangkau oleh Ata adalah tidak membaca secara tajam tentang kondisi faktual Sultra saat ini.

“Ya, ia tidak menyebutkan figur Kerry Kongguasa dan juga Andi Sumangerukka. Kedua figur ini cukup aktif dan massif bermanuver politik. Tentu, apa yang dikerjakan selama ini ada efek elektoralnya,” terangnya.

Menurut Ras, konfigurasi pertarungan Pilgub Sultra mendatang, publik akan disajikan pertarungan figur lama melawan figur baru.

“Nah, dikelompok figur lama ada Ridwan Bae, Rusda Mahmud dan Lukman Abunawas. Kelompok figur baru, Kerry kongguasa dan juga Andi Sumagerukka,” beber Ras.

Bukan hanya itu, kata Ras, hal lain yang mesti dipahami juga selain aspek geopolitik Sultra, adalah soal toleransi money politik. Politik uang, lanjut Ras, di Sultra terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Efek elektoralnya cukup besar.

“Sehingga skema pertarungan di Sultra tidak cukup hanya bermodalkan perkawinan geopolitik, tapi faktor kesiapan finasial juga menjadi instrumen penting dalam percaturan politik Sultra,” tambahnya.

  • Bagikan