Nasi Panas Bahaya Bagi Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

  • Bagikan

Untuk menghindari nasi terlalu lama dipanaskan di rice cooker, masaklah nasi dengan takaran secukupnya sesuai kebutuhan konsumsi kita pada hari itu agar kualitas nasi tetap terjaga dan gizinya tidak hilang.

Dr. Raissa kembali menjelaskan, ada kaitan erat antara penyakit diabetes dan nasi yang terus menerus dipanaskan.

Bagi kamu penderita diabetes disarankan menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi, dan salah satunya adalah nasi putih. Proses nilai indeks glikemik dengan cepat meningkat jika nasi terlalu lama atau terus menerus dipanaskan.

“Iya, untuk diabetes sebaiknya nasi biasa saja jangan yang panas atau hangat,” pungkas dr Raissa yang pada 2019 lalu mendapatkan sertifikasi dari Harvard Medical School dalam mengikuti pelatihan tentang Obesity Medicine.

Dilansir dari laman akg.fkm.ui, dalam penelitian Sonia dkk. (2015), nasi yang didinginkan selama 24 jam atau nasi kemarin dalam suhu 4oC dan dipanaskan kembali memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi yang baru masak.

Sementara nasi yang didinginkan mengakibatkan retrogradasi pada pati yang menyebabkan peningkatan pati yang resisten untuk dicerna. Agar dapat dikonsumsi, tentunya nasi tersebut boleh dipanaskan kembali dengan indeks glikemik yang masih rendah. (dra/fajar)

  • Bagikan