Nasi Panas Bahaya Bagi Penderita Diabetes? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ada beberapa pendapat yang menyebut bahwa nasi putih panas bisa memperparah kondisi pengidap diabetes karena memiliki indeks glikemik tinggi, benarkah?

Nasi memang akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan panas. Kamu pasti sepakat dengan itu. Terlebih di era yang serba praktis seperti saat ini, kita tidak perlu repot-repot menghangatkan kembali nasi setiap ingin makan.

Karena ada perangkat elektronik seperti rice cooker atau magic com yang akan menjadikan nasi anda panas sepanjang waktu.

Meski terbilang praktis, namun sebagian orang menganggap terlalu lama memanaskan nasi di rice cooker dapat mengancam kesehatan hingga menyebabkan kanker.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Jakarta, Raissa Edwina Djuanda menjelaskan nasi yang dihangatkan terlalu lama atau lebih dari 12 jam di rice cooker belum bisa dikatakan berbahaya bagi kesehatan.

Termasuk disebut dapat menyebabkan kanker. Sejauh ini, terang Dr. Raissa, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan anggapan tersebut.

“Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengatakan nasi dipanaskan terlalu lama menyebabkan kanker,” terang dr. Raissa melalui pesan singkat kepada fajar.co.id, Kamis (2/9/2021).

Meski belum ada penelitian yang menyebut terkait resiko kesehatannya, Raissa menyarankan jika ada sisa nasi di meja makan, sebaiknya jangan ditinggal atau dipanaskan terlalu lama di rice cooker/magic com.

“Kalau nasi sisa, sebaiknya jangan ditinggal di dalam rice cooker. Sebaiknya masukkan ke wadah tertutup, masukkan kulkas dan boleh dipanaskan lagi maksimum satu kali saja,” jelasnya.

  • Bagikan