Diresmikan Presiden Oktober Mendatang, Tiga Helipad Disiapkan di Bendungan Ladongi

Sabtu, 4 September 2021 12:58

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C Maddi

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Presiden RI Joko Widodo diagendakan bakal meresmikan Bendungan Ladongi, di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Oktober mendatang.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari pun mulai mempersiapkan acara penyambutan. Termasuk pembuatan tiga helipad (landasan helikopter) di sekitar bendungan.

Hal ini diungkapkan langsung Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C Maddi kepada awak media, Sabtu (4/9/2021) di Aula Lasolo BWS.

Pembuatan tiga helipad menjadi opsi, mengigat waktu tempuh melalui jalur darat dari Kota Kendari ke Koltim kurang lebih 2,5 jam. Terbilang cukup lama untuk sampai ke lokasi.

“Secara keseluruhan termasuk jalan poros itu segera kita benahi, teman di BPJN (Balai Pelaksana Jalan Nasional) juga sudah memulai pekerjaan sehingga harapan kita nanti waktu peresmian tidak ada kendala. Meskipun saya juga menyiapkan kondisi-kondisi tertentu seperti helipad tiga buah. Kemungkinan nanti, kalau waktu bapak Presiden ke sana sempit, kita lewatkan dengan helikopter, tentu cuaca juga harus menjadi pertimbangan, karena jarak tempuh ke Koltim itu lebih kurang 2,5 jam. Kalau dihitung PP (pulang pergi) itu cukup panjang waktu yang digunakan presiden kalau lewat darat sehingga saya selalu berpikir untuk peresmian Ladongi ini R1 memang nanti kita siapkan untuk lewat udara,” terangnya.

Haeruddin memastikan, helipad yang dibuat tinggal menunggu uji kelayakan dari TNI Angkatan Udara, seperti radius terbang, jarak terbang hingga tempat pendataran helikopter.

Komentar

VIDEO TERKINI