Gubernur Sultra Gelar Ekspose 3 Tahun AMAN

Senin, 6 September 2021 17:06

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi memaparkan sejumlah capaian makro dalam tiga tahun pemerintahannya bersama Wakil Gubernur (Wagub) Lukman Abunawas, saat memberikan sambutan dalam acara “Ekspose Pembangunan 3 Tahun AMAN” di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Senin (6/9).

Setidaknya ada empat indikator yang dipaparkan Gubernur terkait capaian pembangunan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) selama tiga tahun terakhir, yang diwarnai dengan pandemi Covid-19 ini.

Pertama, pertumbuhan ekonomi. Perekonomian Sultra di sepanjang tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 0,65 persen. Ini merupakan capaian terendah selama tiga tahun teralhir yang disebabkan oleh pandemi.

Padahal, dalam lima tahun sebelum pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi di Sultra selalu berada di atas rata-rata nasional, dengan nilai di atas enam persen per tahun.

“Pandemi Covid-19 telah menghambat laju pertumbuhan semua lapangan usaha ekonomi Sulawesi Tenggara, kecuali sektor informasi dan komunikasi, sehingga hampir semua target pertumbuhan tidak tercapai,” jelas Gubernur dalam rilisnya, Senin (6/9).

Kendati demikian, ekonomi Sultra pada Triwulan II tahun 2021 berangsur pulih sehingga dapat tumbuh sebesar 4,21 persen, lebih tinggi dibanding capaian Triwulan II tahun 2020 yang mengalami kontraksi sebesar 2,59 persen.

Dijelaskan, dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 16,75 persen, sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 132,49 persen.

Komentar

VIDEO TERKINI