Ini 5 Pesan Ali Mazi Merawat Harmoni dan Toleransi di Provinsi Sulawesi Tenggara

Selasa, 21 September 2021 14:54

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyampaikan lima pesan demi terjaganya harmoni di masyarakat. Hal itu dikemukakan Gubernur dalam kegiatan Sarasehan, Diskusi, dan Deklarasi Sultra Damai yang digelar di Markas Polda Sultra (Mapolda), Senin (20/9).

Dalam kegiatan bertajuk “Merawat Harmoni, Merajut Kebhinekaan dalam Perbedaan Guna Menjaga Kambitbmas yang Kondusif”, pesan pertama Gubernur adalah perlunya menyelenggarakan dialog secara berkala antara tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan ormas dalam pemahaman berwawasan multikulturalisme.

“Melalui multikulturalisme, masyarakat diajak untuk menjunjung toleransi, kerukunan, dan perdamaian. Bukan konflik atau kekerasan,” kata Gubernur dalam rilisnya kepada fajar.co.id, Selasa (21/9).

Pesan kedua, meningkatkan kerjasama dan kemitraan yang sinergis berpolakan koordinasi dan sinkronisasi antara pemerintah daerah, Forkopimda, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, paguyuban, dan ormas lainnya dalam pencegahan dan penanganan konflik.

Ketiga, mendorong peningkatan peran Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme, dan Forum Pembauran Kebangsaan.

Keempat, mendorong media untuk lebih berperan dalam menghadirkan berita dan informasi yang mencerahkan dan menangkal berita-berita menyesatkan masyarakat.

Kelima, penguatan pembentukan legalitas organisasi kemasyarakatan yang belum terbentuk dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan kerukunan daerah dan nasional.

Di akhir pemaparannya, Gubernur mengharapkan diskusi ini dapat membangun dan menghadirkan situasi dan kondisi kehidupan masyarakat Sultra yang saling menghargai dan saling menghormati serta saling asah, asih, dan asuh antara satu dengan yang lain demi memelihara kerukunan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Komentar

VIDEO TERKINI