Masifkan Vaksinasi, Pemkot Kendari Target Herd Immunity hingga Akhir Tahun

  • Bagikan

SULTRA.FAJAR.CO.ID, KENDARI — Wabah covid-19 di Kota Kendari mulai melandai. Capaian ini tak lepas kesadaran warga metro mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dan menyukseskan program vaksinasi.

Akhir tahun 2021, Pemkot Kendari menargetkan bisa membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Tak heran, pemerintah kian gencar melakukan vaksinasi di tengah masyarakat.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir optimis, target herd immunity sebesar 70 persen bisa dicapai di akhir tahun ini.

Tidak hanya memaksimalkan perangkatnya, Pemkot terus bersinergi dengan berbagai stakeholder seperti TNI/Polri, organisasi profesi dan elemen masyarakat lainnya melalui gerakan vaksinasi massal

“Saya sudah instruksikan Dinas Kesehatan untuk masih melakukan vaksinasi. Jika ada stok (vaksin) segera salurkan, jangan disimpan. Segera disalurkan kepada seluruh masyarakat kita, terutama mereka yang rentan terpapar Covid seperti lansia dan beberapa kelompok lainnya,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Terpisah, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dr Algazali Amirullah mengatakan target herd immunity di akhir tahun nanti dapat terwujud jika masyarakat Kota Kendari mau bersatu dan gotong-royong untuk berpartisipasi mensukseskan program vaksinasi.
Pasalnya, peran serta masyarakat sangat menentukan capaian herd immunity.

“Masyarakat yang belum vaksin diharapkan bisa menyegerakan dirinya untuk mengikuti vaksinasi. Setelah divaksin, tentu tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memamkai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghundari kerumunan, dan menajga jarak agar tetap terhindar dari penularan Covid-19. Karena waspada itu penting. Tidak boleh abai,” kata Algazali. (KN/yus/fajar)

  • Bagikan