Turunkan Gula Darah dengan Konsumsi Makanan Ini

Rabu, 6 Oktober 2021 15:11

Ilustrasi sayur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — 3 Makanan Terbaik Menurunkan Gula DarahKalau mengidap diabetes, kamu tentu perlu memperhatikan makanan yang masuk agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi diabetes.

Selain menghindari pantangan makanan diabetes yang tinggi gula, kamu juga perlu tahu makanan apa yang sebaiknya kamu konsumsi.

Ubi jalarUbi jalar merupakan makanan yang cocok untuk diabetesi karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang.

Nilai glikemik satu porsi ubi jalar rebus adalah 44, sementara kentang rebus adalah 80.

Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam makanan ini juga baik untuk penyakit diabetes.

Gandum utuhGandum utuh termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang juga tinggi serat.

Dua kombinasi menguntungkan ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penderita diabetes.

Sayuran hijauBerikut beberapa jenis sayuran hijau yang direkomendasikan sebagai makanan untuk diabetes, yaitu brokoli, bayam, sawi, bok choy, dan kubis.

Kamu bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau tersebut bentuk lalapan, campuran salad, sup, tumisan, dan lain sebagainya.

Baik untuk penderita diabetes maupun orang yang sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penurun gula darah ini sebanyak 250 gram sayur per hari. (hellosehat/genpi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI