Pemkot Kendari Kebut Vaksin Ketiga untuk Nakes

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Tidak hanya mengejar herd imunity, Pemkot Kendari juga fokus memberikan vaksin covid-19 ketiga atau booster terhadap tenaga kesehatan (nakes).

Upaya ini untuk melindungi nakes dari penularan virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

Sejauh ini, sebanyak 2.282 Nakes telah disuntik booster.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, pemberian vaksin booster sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes nomor HK.02.01/1/1919/2021.

Vaksinasi dosis ketiga diperuntukan bagi nakes, asisten nakes dan tenaga penunjang yang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Faskes).

“Sudah ada aturannya bahwa nakes harus divaksin booster. Pertimbangannya karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat umum dan beresiko tertular Covid-19,” kata Rahminingrum, kemarin.

Di Kendari, sasaran penerima booster sebanyak 4.151 nakes. Dari jumlah itu, sekitar 54,97 persen telah menerima suntikan vaksin ketoga atau 2.282 nakes.

Rahminingrum berharap para nakes yang ada di seluruh faskes untuk segera mendapatkan vaksin booster mengingat pemberiannya sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Terlebih booster yang akan diberikan adalah vaksin jenis Moderna RNA-1273 yang memiliki efikasi lebih tinggi jika dibandingkan merek vaksin yang sama dengan dosis pertama dan kedua.

“Untuk booster, setiap nakes terima vaksin moderna sebanyak 0,5 ml. Itu sudah cukup untuk menyempurnakan vaksin sebelumnya. Sehingga perlindungannya semakin maksimal,” kata Rahminingrum.

  • Bagikan