Jubir Presiden Fadjroel Rachman Jadi Dubes Kazakhstan, Rosan Roeslani Dubes AS

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik 17 Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBPP) RI di Istana Negara, Senin (25/10).

Di antaranya ialah Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman dan eks Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Rosan Roeslani.

“Fadjroel Rachman (dilantik) menjadi Dubes Kazakhstan,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi.

Fadjroel akan dilantik sebagai Dubes RI untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan. Dia akan ditempatkan di Kota Nur Sultan.

Sementara itu, Rosan akan dilantik menjadi Dubes RI untuk Amerika Serikat.Ada juga Armanatha Nasir yang akan dilantik menjadi Dubes RI LBPP untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya.

Dia akan berkedudukan di New York. Kemudian, Febrian A Ruddyard akan dilantik menjadi Dubes RI untuk PBB, WTO, dan organisasi internasional lainnya di Jenewa.

Sebelumnya, Jokowi mengusulkan 33 nama calon dubes ke DPR RI.

Mereka terdiri dari 29 calon dubes untuk penempatan di negara akreditasi dan tiga calon dubes di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI), yaitu New York, ASEAN, dan Jenewa.

Para Dubes itu telah menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI pada Juli 2021. (jpnn/fajar)

  • Bagikan