Jaga Kesehatan Ginjal, Hindari Empat Hal Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ginjal merupakan salah satu organ penting tubuh Anda. Ginjal yang berfungsi untuk membuang limbah, menyaring darah, dan lainnya ini harus benar-benar dijaga kesehatannya.

Karena jika tidak, Anda bisa mengalami gagal ginjal. Jika hal ini terjadi, tentu membuat Anda harus rutin cuci darah.

Nah, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal dan harus Anda hindari.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

Menahan kencing
Terkadang, jika Anda sedang sibuk, kamu mungkin suka menahan kencing. Jika Anda melakukan ini sesekali, tidak apa-apa.

Namun, jika ini sudah menjadi kebiasaan, maka Anda perlu mengubahnya. Jika Anda menahan air kencing terlalu lama dan sangat sering, hal itu bisa menyebabkan penumpukan batu ginjal.

Ini juga memberi tekanan berlebihan pada kandung kemih Anda.

Seiring waktu, hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal.

Asupan garam yang berlebihan
Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan tekanan darah Anda meningkat dan ini memiliki efek buruk pada ginjal. Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus Anda hindari.

Jadi, cobalah untuk membatasi asupan garam Anda dan hindari menambahkan garam ekstra ke piring saat makan. Ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan organ ginjal.

Kurang tidur
Anda membutuhkan 8 hingga 20 jam tidur setiap malam. Kurang dari ini bisa memiliki efek negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tubuh Anda beregenerasi sendiri saat tidur. Ginjal Anda bekerja keras di siang hari untuk membuat kamu tetap sehat dan bugar.

  • Bagikan