Pilek saat Musim Hujan, Begini Cara Mengatasinya..

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat memasuki musim hujan, salah satu penyakit yang banyak menyerang tentu saja adalah pilek.

Selain itu, penderita sinus juga semakin menderita saat musim hujan melanda. Hal ini tentu membuat penderitanya kesulitan melakukan berbagai aktivitas harian dia.

“Sinus bisa menyebabkan bersin-bersin yang berlebihan, keluarnya cairan dari hidung dan bahkan merasa demam,” kata Dr. Vikram Sabhrawal dari The Guardian Clinics.

Dapur Anda memiliki banyak bahan alami yang membantu membersihkan hidung tersumbat dan sinus. Selain itu, ada beberapa makanan yang juga bisa mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Food.ndtv.

Jahe
Jahe merupakan bahan alami yang telah lama digunakan untuk mengatasi pilek.

Sifat kuat dari bahan ini juga bisa membantu melancarkan hidung tersumbat. Ambil satu sendok makan jahe atau campur dengan air untuk meredakannya.

Sup
Sup ayam hangat adalah pilihan tepat saat Anda terserang pilek dan sinus. Semangkuk makanan sup ayam buatan sendiri yang dicampur dengan sayuran, atau yang dihangatkan dari kaleng bisa membantu memperlambat pergerakan neutrofil dalam tubuh Anda.

Cairan Hangat
Cairan akan membantu melancarkan hidung tersumbat. Ini akan melembabkan tenggorokan Anda dan mencegah kamu dari dehidrasi. Saat Anda pilek dan batuk, air hangat dan teh herbal bisa membantu.

Makanan Pedas
Makanan pedas seperti mustard, cabai, dan rempah-rempah lainnya bisa membantu membersihkan sinus. Rempah-rempah dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri membantu menghilangkan lendir yang membuat hidung tersumbat.

  • Bagikan