Gol PSM Dianulir, Zulkifli Syukur: Mungkin Wasit Tak Tahu Aturan Offside

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SLEMAN — Pemain senior PSM Makassar, Zulkifli Syukur memprotes kebijakan wasit Rully Ruslin cs pada laga melawan PSIS Semarang, semalam.

Zul mengaku beberapa keputusan yang diambil Rully justru merugikan PSM Makassar.

Seperti menganulir gol Yakob Sayuri di menit ke-33. Yakob yang mendapat umpan manis dari Pluim dianggap telah terlebih dahulu offside.

Padahal dari tayangan ulang, terlihat Yakob masih berada di belakang pemain belakang terakhir dari PSIS Semarang.

Keputusan itu lah yang membuat tempo pertandingan semakin meninggi.

Bahkan Zul menyebut saat ini komite wasit atau wasitnya sendiri tidak tahu bagaimana aturan offside, sehingga keputusan yang diambil berbeda.

“Saya tidak tahu, mungkin dari komite wasitnya atau wasitnya tidak tahu aturan offside seperti apa. Ini pekerjaan rumah (PR) besar bagi komite wasit,” keluh mantan pemain Timnas Indonesia ini pada sesi konferensi pers virtual.

Hal serupa bukan yang pertama kali terjadi di Liga 1 musim ini.

Pada pekan sebelumnya, PSM Makassar juga dirugikan dengan keputusan wasit. Sampai manajemen melaporkan kejadian ini kepada komite wasit.

“Saya mengatakan tanpa alasan, ada beberapa pertandingan sebelumnya sudah dilakukan hal yang sama,” ungkapnya lagi.

Ia pun juga meminta federasi untuk menerapkan sanksi dan hukuman kepada wasit-wasit yang tidak baik dalam memimpin pertandingan.

“Saya kira wasit juga harus menerima hal seperti itu, biar kedepannya bisa memimpin pertandingan menjadi lebih baik lagi,” ucap Zulkifli.

Diketahui PSM Makassar harus mengakui keunggulan PSIS Semarang dengan skor 1-0.

  • Bagikan