Bukan Hanya Buahnya, Daun Sirsak Manjur Melawan Penyakit Kronis, Salah Satunya Asam Urat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Daun sirsak merupakan salah satu tanaman herbal yang mujarab untuk menyembuhkan beberapa penyakit kronis dan menjaga kesehatan.

Khasiat daun sirsak yang direbus ternyata memiliki senyawa kimia yang ampuh untuk membunuh bakteri, virus dan dapat digunakan untuk proses regenerasi sel yang rusak.

Dalam penelitian yang dipublikasikan Journal of Ethnopharmacology melakukan studi tentang penggunaan ekstrak daun sirsak dalam pengobatan tradisional diabetes dan komplikasinya.

Daun sirsak ternyata mengandung beberapa zat di antaranya adalah acetogenin; annocatalin; asam gentisic; annomuricin; caclourin dan asam linoleat.

Oleh karena itu, air rebusan daun sirsak ampuh sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan antimikroba.

Cara membuat air rebusan daun sirsak sangatlah mudah. Siapkan 9 helai daun sirsak segar kemudian cuci hingga bersih.

Gerus daun sirsak agar zat yang terkandung dalam daun sirsak dapat keluar dan menyatu dengan air.

Rebus gerusan daun sirsak tersebut pada air sebanyak sekitar 1 liter hingga mendidih. Setelah itu angkat dan diamkan sebentar.

Ambil satu gelas air rebusan daun sirsak campur dengan madu secukupnya, kemudian dapat dikonsumsi.Air rebusan daun sirsak campur madu ini dapat diminum rutin setiap hari selama satu minggu, setelah itu, bisa kondisional sesuai kebutuhan.

Berikut manfaat mengonsumsi air rebusan daun sirsak campur madu untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Daun sirsak sangat kaya antioksidan. Hal tersebut membuat daun sirsak sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menangkal radikal bebas.
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol
    Untuk menurunkan kadar kolesterol, selain menghindari makanan berlemak juga perlu mengonsumsi minuman herbal.Salah satu minuman herbal yang sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol yaitu teh daun sirsak.
  3. Mengatasi Darah Tinggi
    Tidak hanya mampu menurunkan kolesterol saja, teh daun sirsak juga sangat ampuh untuk mengurangi tekanan darah. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki riwayat darah tinggi.
  1. Obat Asam Urat
    Bagi yang memiliki riwayat asam urat, untuk mengobati dan agar tidak sering kambuh bisa mengonsumsi teh daun sirsak.Minumlah teh daun sirsak setiap pagi untuk menyembuhkan asam urat yang menyiksa.
  2. Obat Sakit Pinggang
    Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu adanya radang pada persendian. Untuk itu perlu menyeduh teh daun sirsak dan meminumnya di saat masih hangat.
  1. Obat Diabetes
    Untuk mencegah hingga mengobati diabetes secara alami sangatlah mudah, caranya yaitu dengan menyeduh teh daun sirsak secara teratur. Minumlah setiap pagi dan sebelum tidur. (*)
  • Bagikan