Hadiri Pesta saat Lockdown, PM Inggris Minta Maaf hingga Dituntut Mundur

  • Bagikan

Kemarahan terhadap Johnson semakin meningkat sejak ITV News melaporkan bahwa dia dan rekannya, Carrie, berbaur dengan sekitar 40 orang staf di taman Downing Street.

Acara itu digelar atas undangan sekretaris pribadi Johnson, Martin Reynolds, lewat email yang meminta peserta untuk membawa minuman keras sendiri.

Banyak orang, termasuk sejumlah anggota parlemen, menggambarkan bagaimana aturan Covid-19 telah menjauhkan mereka dari orang-orang terkasih yang sekarat pada Mei lalu, sementara pesta digelar di kediaman perdana menteri.

Beberapa anggota parlemen dari Konservatif – partai pendukung Johnson – mengatakan cara dia menanggapi kehebohan pada Rabu akan menentukan masa depannya.

“Kelangsungan (jabatannya) berada pada titik genting saat ini,” kata seorang anggota parlemen senior dari Konservatif, yang enggan disebutkan identitasnya karena sensitifnya situasi.

Dua jajak pendapat singkat pada Selasa (11/1) menunjukkan lebih dari setengah jumlah responden berpendapat Johnson harus mengundurkan diri.
Namun, meskipun tuntutan mundur dari parlemen terus disuarakan, penulis biografi Johnson, Andrew Gimson, mengatakan dia tidak mungkin mundur kecuali dipaksa oleh kolega-koleganya di parlemen.

“Dia akan mencari jalan untuk melalui (masalah) ini. Dia bukan tipe orang yang mudah mengundurkan diri,” kata Gimson.

Ketika kabar tentang pesta pertama kali muncul, Johnson mengatakan tidak bisa berkomentar sampai penyelidikan internal yang dipimpin oleh Sue Gray, pejabat senior pemerintah, menyimpulkan bahwa Johnson dan pejabatnya mengadakan pesta yang melanggar aturan. Menanggapi seruan pengunduran dirinya, Johnson kembali menyebut penyelidikan Gray.

  • Bagikan