Pemkab Konsel Dapat Bantuan Hibah Kapal Penumpang Dari Kemendes PTT

  • Bagikan
Pemkab Konsel dapat bantuan hibah kapal penumpang dari Kemendes PTT - KM Konsel 01

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Moda transportasi menjadi bagian dari urat nadi kemajuan perekonomian suatu daerah, begitu juga di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Salah satunya ketersediaan alat transportasi laut.

Juga demi mendorong percepatan pembangunan di daerah tertinggal, perbatasan, transmigrasi dan yang menghubungkan kawasan terisolasi.

Pentingnya moda laut tersebut dalam memajukan daerah, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga membangun komunikasi ke pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PTT) untuk pengadaan Kapal Laut.

Gayung bersambut, upaya mantan Ketua DPRD Konsel ini direspon positif oleh Pemerintah Pusat dengan diberikannya bantuan hibah berupa Kapal Penumpang Tahun Anggaran 2021 melaui Dinas Perhubungan setempat.

Kapal Angkutan Penumpang di bawah 20 Gross Tonnage (GT) bersumber dari Dana Alokasi Khusus Fisik Afirmasi Kemendes senilai Rp 2.4 Milyar tersebut bernama Kapal Motor (KM) Konsel 01.

Bupati Surunuddin dalam sambutannya usai meresmikan Kapal menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat atas bantuan kapal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam melayani rute Laonti – Kolono Timur dan Moramo serta masyarakat Kecamatan lainnya.

Ia pun berharap dengan adanya transportasi laut yang baru, bisa mengurangi kesenjangan wilayah di daerah terpencil dan pulau terluar serta melancarkan proses pertukaran barang dan jasa antar wilayah.

Selain itu, sambungnya, dengan adanya KM Konsel 01, bisa membantu memperlancar dan menunjang tugas atau urusan pemerintahan, baik Pemerintah Kabupaten, kecamatan/kelurahan maupun pemerintah desa, atapun menjamu tamu negara atau bagi masyarakat yang akan berpelesir ke spot wisata atau ke kabupaten lainnya.

  • Bagikan