Kepala BLK Kendari Paparkan Pentingnya Pengembangan Kewirausahaan di Pondok Pesantren

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Gelar Rapat Kerja Pondok Pesantren disalah satu Hotel di Kota Kendari, pada 24 – 25 Januari 2022.

Dalam dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu sebagai salah satu Narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam paparannya di hadapan para Ustadz dan Ustadzah Pimpinan dan Pengelola Pesantren se Sulawesi Tenggara, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Dr La Ode Haji Polondu memberikan motivasi agar pondok pesantren semakin meningkatkan keterampilan santri dan santriwati yang diasuhnya sehingga mereka kelak akan menjadi insan yang multitalenta, menguasai ilmu agama Islam, memiliki pengetahuan umum, memiliki ketrampilan serta dapat mengembangkan kewirausahaan di tengah masyarakat.

“Pada undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara,”jelasnya dalam rilisnya kepada fajar.co.id, Kamis (27/1).

Lanjutnya, atas dasar ini pula, maka pendidikan di Pondok Pesantren yang dilaksanakan sesuai amanah undang-undang menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan.

“Pendidikan itu sendiri terdapat tiga jenis yakni pendidikan formal, non formal, dan informal. Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman perilaku sehari-hari, baik dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”terangnya

  • Bagikan