Ketua Dewan Pers: MoU Dewan Pers dan Polri Diperpanjang untuk Melindungi Wartawan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Memorandum of Understanding (MoU) Dewan Pers (DP) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan kembali diperpanjang pada tanggal 9 Februari 2022 mendatang.

Hal itu dilakukan, setelah MoU yang sebelumnya ditandatangani dengan Nomor : 2/DP/MoU/II/2017 dan No : B/5/II/2017 tentang koordinasi dalam perlindungan kemerdekaan pers dan penegakan hukum terkait penyalahgunaan profesi wartawan akan segera berakhir masa berlakunya.

Berdasarkan penelurusan fajar.co.id, MoU ini ditandatangani pada tanggal 9 Februari 2017 oleh Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan MoU ini berlaku selama 5 tahun sejak tanggal ditandatangani.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pers (DP) Muhammad Nuh saat diwawancara oleh awak media usai open ceremony konvensi dan seminar dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Senin (7/2).

“Insya Allah, nanti di tanggal 9 Februari 2022, itu nanti akan ada MoU untuk perpanjangan antara Polri dengan Dewan Pers, karena itu salah satu yang sangat membantu teman-teman untuk mendapatkan perlindungan, supaya tidak terkena undang-undang KUHP, karena itu semuanya akan mengerucut pada Dewan Pers,”ungkapnya.

Lanjutnya, Insya Allah, nanti tanggal 9 Februari 2022, dan nanti ada beberapa poin-poin yang akan diperbaharui, tapi intinya bagaimana caranya memastikan kawan-kawan jurnalis itu, sepanjang dia melaksanakan tugas sebagai jurnalis, itu kita pastikan tidak orang lain, tapi masuk ke dalam ranah pers atau UU Pers, sehingga Dewan Pers yang akan menjadi penyelesai.

  • Bagikan