Puncak Perayaan HPN 2022, 20 Ribu Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Teluk Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Sebanyak 20 ribu bibit mangrove ditanam di Pesisir Teluk Kendari dalam kegiatan Program Percepatan Rehabilitasi Mangrove Nasional yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Rabu (9/2).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Perhutan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Bambang Soepriyanto, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, Ketua HPN 2022 Auri Jaya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Duta Besar Negara Sahabat, dan Kadis lingkup OPD Sultra.

Kegiatan ini juga melibatkan beberapa organisasi, siswa SMA, dan masyarakat yakni Komunitas Green Leadership Indonesia, Kelompok Pencinta Alam, Pramuka Saka Wanabakti, SMAN 1 Kendari, MAN 1 Kendari, dan Masyarakat Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian LHK RI Bambang Soepriyanto dalam sambutan menjelaskan pentingnya agenda penanaman mangrove ini dalam rangka menyelamatkan lingkungan.

“Yang pertama-tama, saya menghaturkan selamat datang atas nama Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), beliau tidak dapat hadir pada kesempatan ini, karena mendampingi yang terhormat bapak Presiden di Istana Bogor,”ujarnya.

Lanjutnya, kemudian, pada hari ini kita akan menanam mangrove secara bersama-sama, tadi bapak Gubernur mengatakan bahwa mangrove itu memberikan kemanfaatan secara ekonomi, meningkatkan ketahanan terhadap daratan terhadap abrasi, kemudian garamisasi ketempat daratan yang sangat menganggu untuk lingkungan.

  • Bagikan