86 Desa Laksanakan Pilkades, Pemda Konsel Siapkan Rp1,3 Miliar

  • Bagikan
Ilustrasi pilkades

FAJAR.CO.ID, KONSEL – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menyiapkan anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebesar Rp 1,3 Miliar untuk Pilakdes serentak tahun 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konsel Anas Mas’ud, menjelaskan total Anggaran Pilkades dari 86 desa yang akan melaksanakan pemilihan sebesar 1,3 miliar.

”Besaran itu kami rasa sudah mencukupi untuk melaksanakan pilkades sebab semua kebutuhan sudah terurai, semua sudah klop disitu termaksud uang pengamanan,” jelas Anas Mas’ud saat dikonfirmasi melalui sambungan telponnya. Jumat, 10 Februari 2022.

Adapun lanjut Anas, untuk uraian alokasi bantuan keuangan desa untuk panitia pilkades perdesa yakni. Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di bawah 1.000 wajib pilih sebesar Rp. 15.500.000.

”Sementara untuk wajib pilih dengan DPT di atas 1000 wajib pilih itu sebesar Rp. 18.300.000,” sebutnya.

Mantan kadis Kominfo ini, mengatakan pada prinsipnya DPMD Konsel siap memfasilitasi agar pelaksanaan pilkades serentak tahun ini sukses.

”Adapun untuk tahapan pencairan anggaran pilkades, itu akan mulai dilaksanakan setelah tahapan pembekalan panitia berdasarkan rekomendasi dari DPMD,” ucap mantan Kabag Pemerintahan Setda Konsel ini.

Terkait kesiapan anggaran di Kas Daerah (Kasda). Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Mujahidin, melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perbendaharaan Hamzad menegaskan bahwa anggaran dana pilkades tahun ini sebesar Rp. 1.349.800.000 sudah siap.

”Kalau anggarannya itu siap, sumber dananya dari Dana Alokasi Umum (DAU). Namun untuk pencairannya kami menunggu dari rekomendasi dari DPMD,” singkat Hamzad saat di hubungi terpisah oleh media ini.(ED/fajar)

  • Bagikan